Senin, 03 November 2014

Gerakan smash pada bola voli

            Nama : Ardyansyah Prasetiadi
                                                                                                Nim     : 12601244138
                                                                                                Kelas   : PJKR E’2012
                                                                                                Makul : Biomekanika

Analisis gerakan pada smash bolavoli
Cara melakukannya smash bolavoli ada 4 tahapan yaitu dengan cara :
1.      Tahapan awalan atau run up(lari menghampiri)
Berdiri dengan salah satu kaki dibelakang sesuai dengan kebiasaan individu (tergantung smasher normal atau smasher kidal). Langkahkan kaki satu langkah kedepan (pemain yang baik, dapat mengambil ancang-ancang sebanyak 2 sampai 4 langkah), kedua lengan mulai bergerak kebelakang, berat badan berangsur-angsur merendah untuk membantu tolakan. 
Contoh gambar 1: analisis gerak
Description: http://htmlimg4.scribdassets.com/21z3lpiz2830gyxf/images/5-00683af34c.jpg
Dalam lingkaran, posisi kaki pada awalan pertama melangkah atau posisi siap dan pandangan pemain harus pada bola dengan tujuan agar dapat memprediksi arah jatuhnya bola. Posisi 1,2 dan 3 sesuai dengan hukum kesetimbangan ke II yang berbunyi : stabilitas berbanding lurus dengan bidang tumpunya artinya makin luas bidang tumpuan maka makin besar bidang stabilitasnya sebaliknya maka semakin kecil bidang tumpuannya makin kecil pula stabilitasnya. (Hidayat, 1998:18).
Posisi kaki 1,2 dan 3 sama seperti gambar yang dikemukakan Hidayat. 1998:18
Gambar 2 : posisi kaki
Description: http://htmlimg1.scribdassets.com/21z3lpiz2830gyxf/images/6-4ffeb71b5d.jpg
Perhatikan gambar 1 yang ada diatas terdapat lingkaran pada pemain no 1, keadaan tersebut bisa dalam keadaan bergerak atau dalam keadaan siap sambil pandangan pada bola dengan posisi kaki seperti ini akan membuat si pemain semakin terpusat konsentrasinya pada bola dan akan lebih cepat bereaksinya serta usahakan agar luar tumpuan tidak mengganggu pergerakan.


2.      Tahap kedua Take of (lepas landas atau tahap meloncat)
Uraian gerak :
a)      Untuk memukul right hand langkahkan kaki kiri ke depan dengan langkah biasa kemudian diikuti kaki kanan yang panjang diikuti dengan kaki kiri yang diletakkan disamping kaki kanan ( untuk pemukul left hand sebaliknya)
b)      Langkah pada waktu meloncat harus berlangsung dengan lancer tidak terputus-putus dan pada waktu meloncat kedua tangan  yang menjulur digerakkan ke atas.
c)      Tubuh diteruskan, kaki yang digunakan untuk meloncat yang memberikan kekuatan pada saat meloncat.
d)     Lengan yang dipakai untuk memukul serta sisi badan diputar sedikit hingga menjauhi bola, punggung agak membungkuk dan lengan yang lain tetap dipertahankan setinggi kepala yang berguna untuk mengatur keseimbangan secara keseluruhan.
Contoh gambar 3 dan 4 : analisis gerak
Description: http://htmlimg2.scribdassets.com/21z3lpiz2830gyxf/images/7-fb22c18473.jpg

3.      Memukul Bola
Jarak bola didepan atas sejangkauan lengan pemukul, segera lecutkan lengan kebelakang kepala dan dengan cepat lecutkan kedepan sejangkauan lengan terpanjang dan tertinggi terhadap bola. Pukul bola secepat dan setinggi mungkin, perkenaan bola dengan telapak tangan tepat diatas tengah bola bagian atas. Pergelangan tangan aktif menghentak kedepan dengan telapak tangan & jari menutup bola. Setelah perkenaan bola lengan pemukul membuat gerakan lanjutan kearah garis tengah badan dengan diikuti gerak tubuh membungkuk. Gerak lecutan lengan, telapak tangan, badan, tangan yang tidak memukul dan kaki harus harmonis dan eksplosif untuk menjaga keseimbangan saat berada diudara. Pukulan yang benar akan menghasilkan bola keras & cepat turun kelantai. 

Gambar 5 : analisis gerak
Description: C:\Documents and Settings\Mr.TARNO\My Documents\index.jpeg

4.      Mendarat
Mendarat dengan kedua kaki mengeper. Lutut lentur saat mendarat untuk meredam perkenaan kaki dengan lantai, mendarat dengan jari-jari kaki (telapak kaki bagian depan) dan sikap badan condong kedepan. Usahakan tempat mendarat kedua kaki hampir sama dengan tempat saat meloncat.
Gambar 6 : saat mendarat
Description: http://htmlimg3.scribdassets.com/21z3lpiz2830gyxf/images/9-f68d4be4cc.jpg

            Banyak variasi yang pendaratan yang dilakukan oleh setiap masing-masing pemain tetapi pendaratan yang baik harus seperti pemain yang berada di kotak persegi berwarna merah, adanya saat badan merendahkan kebawah yang diikuti oleh gerakan lutut secara bersamaan dan kembali tegak dan berkonsentrasi pada pertandingan jika kalau bola hasil smash dapat dibendung atau diblok oleh lawan maka dari itu kita harus mendarat dengan kedua kaki 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar