Senin, 03 November 2014

kESEHATAN OLAHRAGA

HUBUNGAN ANTARA KESEHATAN DAN OLAHRAGA
KESEHATAN OLAHRAGA
 
Oleh:
ARDYANSYAH PRASETIADI
12601244138
PJKR E

PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2013
KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum, Wr. Wb
Puji syukur kami panjatkan ke-hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karuniannya, sehingga pada kesempatan ini kami dapat  menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya yang berjudul “ Etika dalam Melakukan Supervisi Pendidikan.
            Kami juga ingin menyampaikan rasa terima kasih kami kepada :
  1. Jaka Sunardi, M.Kes selaku dosen pembimbing mata kuliah kesehatan olahraga,
  2. Semua anggota keluarga, teman, dan semua pihak yang telah membantu kelancaran kami dalam pembuatan makalah ini ini.
                                                                                                                                   
            Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga makalah ini bermanfaat. Tentunya makalah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, kami selalu mengharap kritik dan saran dari pembaca makalah ini untuk perbaikan kami pada tugas-tugas selanjutnya. Terima kasih.
            Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


                                                                                    Yogyakarta, 3 Juli 2013

                                                                                                   Penulis
BAB 1
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Kesehatan merupakan salah satu modal dasar dan paling penting bagi hampir semua orang untuk dapat menjalani hidup yang bahagia dan menyenangkan. Meskipun begitu, ada banyak masalah kesehatan yang lazim dialami oleh banyak orang akibat gaya hidup yang kurang sehat. Menjalani gaya dan pola hidup sehat serta mengkonsumsi makanan sehat dapat menjadi awalan untuk memperoleh tubuh yang sehat serta menjalani kehidupan dengan optimal dan bahagia. Olahraga merupakan salah satu faktor penting untuk memperoleh tubuh yang sehat. Melakukan olahraga secara teratur dan terukur merupakan bagian dari gaya hidup sehat yang dapat dipraktekkan oleh semua orang agar memiliki tubuh dan pikiran yang sehat.
Ada pepatah kuno yang menyatakan bahwa di dalam tubuh sehat terdapat jiwa yang kuat. Dari pepatah kuno tersebut dapat disimpulkan bahwa kesehatan tubuh memiliki hubungan erat dengan kesehatan jiwa. Oleh karena itu memiliki tubuh yang sehat dapat menjadi modal penting untuk memiliki jiwa yang kuat. Melakukan olahraga dengan teratur dan terukur dapat menjadi solusi sederhana untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Selain itu ada beberapa hal lain seperti mengkonsumsi makanan sehat dan menjalani istirahat dengan cukup yang dapat mendukung program mendapatkan tubuh yang sehat. Dengan menjalani olahraga yang teratur dan terukur, maka tubuh seseorang akan terlatih dengan kegiatan fisik yang akan membuat kekuatan dan stamina seseorang menjadi lebih baik. Selain itu, kegiatan olahraga yang baik juga akan membuat organ tubuh manusia menjalani kinerja yang optimal. Ketika menjalani kegiatan olahraga, maka jantung akan terpacu untuk mengalirkan lebih banyak darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Melatih kekuatan jantung dapat menjadi faktor penting guna mendukung seluruh fungsi organ tubuh yang lainnya.
Hubungan olahraga dengan kesehatn merupakan dua hal yang berhubungan satu sama lainnya.Olahraga sendiri bisa diartikan suatu kegiatan untuk melatih kondisi fisik tubuh agar selalu sehat,dengan berolahraga kita dapat menciptakan pola hidup sehat.Apabila kita sering berolahraga tubuh kita akan kebal dengan beberapa  penyakit dibandingan dengan yang jarang olahraga.


B.     RUMUSAN MASALAH

1.    Apa hubungan olahraga dan kesehatan,
2.    Apa manfaat olahraga terhadap kesehatan,
3.    Apa manfaat kesehatan bagi kehidupan,
4.    Olahraga apa saja yang baik dilakukan.

C.    TUJUAN
1.    Agar pembaca mengerti bahwa olahraga dan kesehatan sangat berkaitan?
2.    Agar pembaca mengerti bahwa manfaat olahraga bagi kesehatan?
3.    Agar pembaca mengerti bahwa kesehatan perlu dijaga dengan baik?
4.    Agar pembaca mengetahui olahraga yang baik?




,

BAB II
PEMBAHASAN

A.   Hubungan Olahraga dan Kesehatan
Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Itulah semboyan yang sering kita dengar saat duduk di bangku sekolah dulu. Memang tepat sekali semboyan tersebut. Untuk itulah yang terpenting adalah menciptakan tubuh yang sehat. Salah satu cara menciptakan tubuh yang sehat adalah dengan berolahraga. Terdapat kaitan yang sangat erat antara hubungan olahraga dan kesehatan tubuh.
Hidup teratur baik itu dari segi asupan gizi, kegiatan dan istirahat akan menciptakan tubuh yang sehat. Olahraga merupakan kegiatan yang wajib untuk ikut mendukung terciptanya kesehatan tubuh. Orang yang sering berolahraga akan dapat mempertahankan kesehatan tubuhnya hingga usia yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah melakukan aktifitas olahraga.
Ada hubungan yang sangat erat antara olahraga dan kesehatan. Para ahli telah membuktikan saat berolahraga, aliran darah berjalan lebih lancar. Ketika berolahraga, organ tubuh khususnya jantung akan terpacu lebih lagi. Dengan demikian organ tubuh yang menjadi pemacu aliran darah ke seluruh tubuh bertambah kuat. Kuatnya jantung membuat aliran darah juga berjalan dengan lancar. Selain jantung yang semakin terlatih, organ tubuh lain yang juga terlatih saat berolahraga adalah paru-paru. Tarikan dan hembusan nafas yang lebih cepat membuat kerja paru-paru ikut terpacu. Dengan demikian olahraga dan kesehatan paru-paru juga memiliki hubungan yang erat. Bagian tubuh lain yang ikut terlatih saat berolah raga adalah anggota tubuh. Saat kita melakukan berbagai gerakan saat berolahraga, anggota tubuh yang bersangkutan juga akan terlatih. Misalnya saat berlari, anggota tubuh seperti kaki akan terlatih dengan baik. Saat bermain bulutangkis, anggota tubuh seperti kaki, tangan dan otot di sekujur ikut terkena efeknya.
Dengan terlatihnya berbagai organ dan anggota tubuh membuat kerja setiap organ dan anggota tubuh menjadi lebih maksimal lagi. Hal inilah yang membuat tubuh menjadi sehat dan tentu ada hubungannya juga dengan usia. Walau usia di tangan Tuhan, namun olahraga bisa menjadi salah satu penentu usia pula.
Kerasnya hidup dan padatnya aktivitas dapat memicu terjadinya stress. Namun dengan olahraga yang teratur, Anda tidak akan mudah terkena stress. Tanpa stress tentu hidup akan lebih sehat karena banyaknya penyakit muncul diawali dari stress. Pikiran juga akan tetap fresh dengan olahraga.

B.   Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan
Tentunya bagi kita yang memilki aktifitas yang padat pastinya sangat membutuhkan energi yang besar untuk mendukung aktifitas kita tersebut, salah satunya yang bisa kita lakukan adalah dengan berolahraga. Di bawah ini adalah beberapa manfaat olahraga bagi tubuh kita.
1.   Meningkatkan Daya Pikir Otak
Dengan aktivitas olahraga secara rutin akan memperlancar suplai oksigen ke otak.Apabila kekurangan oksigen dalam otak akan mengakibatkan kepala sakit dan badan terasa sakit.Sehingga dengan olahraga, oksigen akan masuk ke dalam otak.
2.    Meningkatka Daya Tahan Tubuh
Dengan Berolahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari penyakit karena dengan berolahraga tubuh akan membentuk hormon kekebalan tubuh. Jika badan anda jarang olahraga, maka tubuh anda akan cepat sekali untuk lelah dan juga sangat mudah untuk mengantuk. Ini akan membuat anda kurang efektif dalam menjalankan kegiatan anda. Untuk itu, olahraga sangat membantu anda dalam meningkatkan energy sehingga badan anda tidak mudah lelah.
3.    Menghilangkan Resiko Stress
Kebanyakan orang pasti mengalami yang namanya stress. Untuk menghilangkan rasa stress bisa dialkukan dengan berolahraga, sebab dengan berolahraga otot-otot akan berkonrtaksi dengan maksimal dan stress pada manusia ini terkadang disebabkan karena badan terlalu lelah dan terlalu banyak pikiran sehingga aliran darah kurang lancar ke otak. Dengan melakukan olahraga, maka aliran darah ke otak akan lancar sehingga akan mengurangi stress dan juga mencegahnya datang lagi.
4.    Memperlambat Proses Penuaan
Proses penuaan pasti akan alami semua orang.Tapi dengan melakukan olahraga rutin,proses penuaan akan berjalan lambat dan kita bisa awet muda.

5.    Membentuk Tubuh yang Ideal
Semua orang pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal.Dengan tubuh yang ideal rasa percaya diri akan meningkat juga dalm diri seseoarang tersebut.Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal diperlukan olahraga yang rutin. Banyak orang di dunia ini yang mempunyai berat badan yang kurang ideal. Ini bisa ditimbulkan karena kurang olahraga. Meskipun saat ini banyak sekali obat-obatan yang menawarkan akan menambah atau mengurangi berat badan, namun olahraga adalah cara terbaik untuk mendapatkan berat yang sesuai.
6.    Memperkuat Jantung
mungkin kita sering melihat berita di TV bahwa banyak orang yang meninggal setelah melakukan aktifitas olahraga, apakah berarti olahraga tidak diperbolehkan bagi orang yang mempunyai penyakit jantung? Sebenarnya jika ada yang beranggapan bahwa olahraga tidak dianjurkan bagi orang memiliki penyakit jantung itu adalah anggapan yang tidak benar karena pada kenyataannya olahraga malah sangat dianjurkan bagi penderita penyakit jantung, akan tetapi untuk porsinya benar-benar diperhaitkan, tentunya yang harus diperhatikan adalah berapa lama dan jenis olahraganya juga.

C.   Macam-macam Olahraga dan Manfaatnya
1.      Jogging
Ini adalah salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan, kbugaran, dan stamina. Tidak perlu punya keahlian khusus agar dapat melakukan jogging, semua orang dari segala usia dan kalangan dapat melakukan jogging. Oleh karena itu, jogging termasuk salah satu olahraga yang paling banyak dilakukan, banyak manfaat yang bisa diperoleh, antara lain :
·         Mempercepat sistem pencernaan dan membantu menyingkirkan masalah pencernaan.
·         Membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan.
·         Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif.
·         Dapat membantu mengatasi masalah dengan selera makan.
·         Membantu membakar lemak dan mengatasi kegemukan.
·         Mengencangkan otot kaki, paha dan punggung.
·         Membuat tidur lebih nyenyak.
·         Menetralkan depresi.
Selain manfaat-manfaat di atas, jogging juga dapat memberikan kesenangan secara fisik maupun mental. Apabila jogging dilakukan dengan benar, kelelahan tidak akan terasa meskipun telah menyelesaikan satu tur lebih dari yang dilakukan sebelumnya. Manfaat yang dirasakan ialah merasa nyaman di otot selama jogging dan setelahnya.
Sebelum jogging, lakukan peregangan terlebih dahulu. Dalam memulai jogging, sebaiknya bergerak dengan lambat dengan usaha kecil yang pertama dalam beberapa ratus meter untuk pemanasan otot. Lalu perlahan-lahan tambahkan kecepatan. Kalau sudah melakukan setengah rute, tingkatkanlah kecepatan berlari sesuai kemampuan. Jika rute cukup panjang, bisa mengambil dua atau tiga dorongan dengan kapasitas yang hampir penuh. Untuk jarak ratus meter terakhir lambatkan gerakan. Setelah jogging pun peregangan harus dilakukan, yakni 3-4 menit setelah jogging berakhir. Dengan melakukan jogging dua kali sehari itu sudah cukup untuk meningkatkank kondisi dan daya tubuh anda.
2.      Aerobik
Aerobik ialah merupakan salah satu olahraga yang sedang populer saat ini. Semua orang dari segala usia berlatih aerobik. Dan kegiatannya tidak hanya dilakukan di pusat-pusat kebugaran saja, tapi fasilitas umum yang biasa mengadakan senam massal juga banyak diminati.
Latihan aerobik dilakukan dengan menggerakkan kedua tangan dan kaki, seperti bulu tangkis, jogging, berenang gaya krol ( bukan gaya kodok ), bersepeda aktif. Latihan ini dimulai dengan pemanasan selama 5 menit kemudian diikuti latihan pokok dengan mengukur maksimum detak jantung menuju pencapaian 200 dikurangi usia yang sedang berlatih per menit. Latihan ini dilakukan selama 20 menit, namun bila dilakukan setiap hari atau bila tidak ada waktu boleh dilakukan 3x30 menit per minggu. Selain untuk kebugaran tubuh, manfaat latihan aerobik antara lain :
·         Meningkatkan daya tahan jantung
·         Meningkatkan daya tahan paru-paru
·         Menguatkan otot-otot tubuh
·         Menciptakan kelenturan tubuh
·         Membakar kalori
Latihan aerobik juga bermanfaat untuk meningkatkan daya kerja organ jantung terutama dalam meningkatkan kedua ventrikel. Bagi lansia, latihan ini akan memperbaiki keadaan fisik mereka dan mencegah agar tidak pelupa.
3.      Renang
Renang tentunya akan berpengaruh besar bagi kesehatan kita baik dalam menjaga kesehatan atau pun kebugaran tubuh. Karena pada dasarnya manfaat olahraga adalah menjaga kesehatan serta stamina tubuh kita sehingga terjauhkan dari gangguan berbagai jenis penyakit. Termasuk di dalamnya adalah manfaat olahraga renang ini untuk kesehatan fisik kita pula.
Bagi kita tentunya semuanya bila ditanya mengenai hal yang berkaitan dengan kesehatan akan menjawab bahwa kita ingin tetap sehat dan bugar. Dan kesehatan ini akan bisa kita rasakan manfaatnya salah satunya dari rajin berolahraga renang. Ada beberapa kegunaan serta manfaat berenang untuk kesehatan kita pada umumnya.
Olahraga renang bisa dijadikan alternatif dari berbagai macam pilihan olahraga yang banyak terdapat di negara kita ini. Apalagi bila mempunyai fasilitas kolam renang sendiri tentunya akan bisa mendapatkan manfaat dari berenang itu sendiri. Tentunya bila kita rajin menggunakan fasilitas kolam renang itu.Beberapa manfaat brenang:
·    Jantung yang lebih sehat
Selain mengencangkan otot yang terlihat seperti otot dada (pectoralis),otot  trisep dan paha depan, berenang juga membantu meningkatkan otot yang paling penting dalam tubuh kita yakni  jantung. Karena berenang adalah latihan aerobik, maka ia berfungsi untuk memperkuat jantung, tidak hanya membantu otot jantung menjadi lebih kuat, tetapi membuatnya lebih efisien dalam memompa  aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh Anda. American Heart Association (AHA) melaporkan bahwa hanya denga 30 menit latihan per hari, seperti berenang, dapat mengurangi penyakit jantung koroner sebesar 30 sampai 40 persen. Selain itu ia juga baik dalam mengontrol tekanan darah/tensi.


·    Mengurangi  Resiko Diabetes
Dengan hanya 30 menit dari olahraga ini selama tiga kali per minggu, Anda bisa membakar 900 kalori - mengurangi risiko terkena  diabetes tipe 2 lebih dari 10 persen . Dan, jika anda sudah memiliki diabetes tipe 1, manfaat berenang dapat sangat membantu, karena jenis latihan ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin . Menurut American Diabetes Association, penderita diabetes harus mendapatkan 150 menit per minggu, tersebar di setidaknya tiga hari per minggu, dengan aktivitas fisik intensitas sedang seperti berenang untuk membantu kontrol glikemik/gula darah dalam tubuh. Selain renang , olahraga dengan efek sama kepada sensitivitas insulin adalah berjalan kaki (walking)
·    Memperbaiki kadar  kolesterol
Renang dapat memperbaiki keseimbangan  rasio yang tepat dari kolesterol dalam tubuh anda, yakni  rasio seimbang antara kadar kolesterol “baik” (HDL) dan kadar   kolesterol “buruk” (LDL).Renang bisa mendapatkan tingkat ini dalam keseimbangan yang tepat berkat kekuatan aerobik, yang telah terbukti dengan cara  meningkatkan kadar HDL. Dan untuk setiap kenaikan 1 persen pada kolesterol HDL, risiko kematian akibat penyakit jantung turun sebesar 3,5 %.
·    Memperbaiki Gejala/Serangan Asma
Bila anda penderita asma dan khawatir jika anda berolahraga diluar (outdoor)  dengan udara yg panas/kering  serta penuh dengan bahan allergen di sekilling anda, maka masuklah ke dalam air di kolam renang untuk menghindari serangan asma setelah berolahraga.  Dalam air dengan kelembaban cukup maka  renang membantu Anda menghindari serangan asma . Bahkan bagi mereka yang tidak menderita asma bisa mendapatkan keuntungan dari berenang, yaitu dapat meningkatkan volume paru-paru dan mengajarkan teknik pernapasan yang tepat.

·    Mengontrol  Berat Badan
Untuk beberapa waktu lalu, banyak orang berpikir bahwa karena air umumnya lebih dingin dari suhu tubuh kita, akan sulit untuk menurunkan berat badan dengan latihan air. Seperti banyak ide-ide lama tentang olahraga, hal ini  telah direvisi: Berenang  sekarang diakui sebagai salah satu pembakar kalori terbesar di sekitar, dan itu bagus untuk menjaga berat badan anda. Berapa banyak persisnya  jumlah kalori yang Anda bakar, tentu saja, tergantung pada fisiologi tubuh anda sendiri dan intensitas anda dalam berolahraga. Tetapi sebagai aturan umum, untuk setiap 10 menit renang gaya dada  akan membakar 60 kalori,  gaya punggung 80 kalori, gaya bebas sampai 100 kalori , dan gaya kupu-kupu yg paling mengesankan , yakni sampai mencapai 150 kalori.
·    Menguragi Gejala Arthritis
Ketika tubuh manusia terendam dalam air, maka secara otomatis menjadi lebih ringan. Ketika tenggelam ke pinggang, tubuh Anda dikenakan hanya 50 % dari beratnya, cemplungkan diri anda  dalam air sampai ke leher, Anda hanya harus menanggung 10 % dari berat badan anda sendiri, sedang kan 90 % lainnya ditangani oleh kolam.Ini berarti bahwa kolam menyediakan tempat yang ideal untuk bekerjanya  otot yang kaku dan sakitnya sendi, terutama jika Anda kelebihan berat badan atau menderita arthritis. Jika kolam dipanaskan, jadi lebih baik untuk penderita arthritis, seperti air hangat dapat membantu melonggarkan sendi kaku. Bahkan, orang dengan rheumatoid arthritis menerima manfaat yang lebih besar untuk kesehatan mereka setelah berpartisipasi dalam hidroterapi dibandingkan dengan kegiatan lain. Ini juga telah terbukti bahwa olahraga berbasis air meningkatkan penggunaan sendi yang terkena dan mengurangi rasa sakit dari osteoarthritis. Ada lagi bonus lain latihan dalam air :  Berenang  juga meningkatkan kekuatan tulang - terutama pada wanita pasca-menopause.
·    Menguragi Stres dan Meningkatkan Spirit
Selain sbg latihan aerobic, renang  juga bisa dianggap seperti permainan karena efeknya yang menyenangkan. Itulah alasan kenapa mulai anak-anak sampai orang tua menyenangi olahraga ini. Salah satu efek samping yang timbul adalah karena dilepaskannnya bahan kimia yang bertanggung jawab saat kita merasa bahagia yaitu Endorfin. Selain itu , berenang juga dapat membangkitkan respon relaksasi  seperti halnya  yoga. Hal ini disebabkan sebagian besar adanya  peregangan yg konstan dan relaksasi otot anda lalu dikombinasikan dengan pernapasan berirama dalam.  Olahraga dalam air  juga merupakan latihan meditasi, dengan suara nafas anda sendiri dan percikan air yang bertindak sebagai semacam mantra  sehingga dapat membantu Anda “meredam” semua gangguan lainnya.
·    Memperpanjang Umur
Jika sebelumnya tujuh alasan diatas tidak cukup untuk meyakinkan Anda tentang manfaat kesehatan dari berenang, mungkin yang satu ini bisa : Renang dapat menjaga Anda dari kematian. Tentu saja hal ini jgn diartikan secara harfiah hehe.. bahwasanya renang tidak menjanjikan keabadian, tetapi tampaknya renang setidaknya bisa membantu Anda menghindari mati muda. Para peneliti di University of South Carolina yang  diikuti 40.547 orang, berusia 20 sampai 90 tahun  menemukan bahwa mereka yang berenang memiliki tingkat kematian 50 % lebih rendah dibandingkan pelari, pejalan kaki atau orang yang tidak pernah berolahraga. Mereka menyimpulkan bahwa manfaat yang sama akan diterima oleh perempuan maupun laki-laki .






BABIII
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas kita dapat menarik kesimpulan, bahwa Olahraga merupakan salah satu faktor penting untuk memperoleh tubuh yang sehat. Melakukan olahraga secara teratur dan terukur merupakan bagian dari gaya hidup sehat yang dapat dipraktekkan oleh semua orang agar memiliki tubuh dan pikiran yang sehat, karena Kesehatan merupakan salah satu modal dasar dan paling penting bagi hampir semua orang untuk dapat menjalani hidup yang bahagia dan menyenangkan.
B.     SARAN
·         Berolahraga untuk mendapatkan kesehatan,
·         Berolahraga minimal satu minggu tiga kali,
·         Jagalah kesehatan agar hidup lebih baik,
·         Luangkanlah waktu untuk berolahraga,
·         Berolahraga untuk membentuk tubuh lebih baik, sehingga dalam beraktivitas lebih nyaman.







Daftar Pustaka
Anngara Aditya.2009.hubungan olahraga dengan kesehatan. http://anggaraaditya.wordpress.com/hubungan-olahraga-dengan-kesehatan/. diakses 3 juli 2013 pukul 13.00
Rudjanto Benny.2013.menyikapi hubungan olahraga dengan kesehatan. http://www.sehataja.com/semua-sehat/menyingkap-hubungan-olahraga-dengan-kesehatan/. Diakses 3 juli 2013 pukul 13.00
Annehira.2011.hubungan olahraga dengan kesehatan yang terintegrasi. http://www.anneahira.com/hubungan-olahraga-dengan-kesehatan.htm. Diakses 3 juli 2013 pukul 13.30
82junior.2011.hubungan antara olahraga dan kesehatan. http://82junior.blogspot.com/2011/03/hubungan-antara-olahraga-dan-kesehatan.html. Diakses 3 juli 2013 pukul 13.30


Tidak ada komentar:

Posting Komentar